Kenali Masalah Rem Mobil Bekas Anda

4
SHARES

Mobil Bekas – Kondisi kendaraan yang dibeli dari tangan kedua atau bekas tentu memiliki beberapa perhatian khusus yang perlu Anda ketahui. Selain mesin, ada hal yang tak kalah penting yakni mengetahui dengan baik masalah yang ada sistem rem. Untuk mengenali masalah rem pada mobil bekas Anda tentu diperlukan sedikit ketelitian dalam merasakan apa yang terjadi menjelang berhenti atau mengerem untuk memperlambat kecepatan laju kendaraan. Oya, menurut informasi yang PriceArea dapatkan memang ada beberapa masalah pada rem mobil yang tak terlalu urgent atau penting namun ada juga yang perlu mendapatkan perlakuan khusus atau di ganti.

Untuk yang tak terlalu urgent biasanya masalah yang terjadi masih pada tahap gejala atau akan mengalami kerusakan dan belum rusak benar, namun belum tentu, misalnya saja; ketika menginjak rem maka lampu belakang tidak menyala, kebanyakan asumsi pasti lampu rem yang perlu diganti atau putus, namun belum tentu itu kerusakan atau masalahnya, bisa jadi kabel penghubung menuju bohlam rem belakang terjepit atau korslet, bahkan hanya elemen yang bergeser.

Hal seperti itulah yang PriceArea maksud, banyak kemungkinan untuk bisa mengenali masalah yang terjadi pada rem mobil bekas Anda. Untuk itu, berikut adalah beberapa masalah yang kerap terjadi sebagai acuan Anda untuk lebih mengenal jika terjadi permasalahan pada mobil second Anda. Tapi tunggu, masalah ini bukan hanya pada mobil bekas, tetapi bisa juga terjadi pada mobil baru.

 

Kenali Masalah Rem Mobil Bekas Anda

Komponen Rem Mobil

Masalah Rem Mobil Bekas Anda

1. Bunyi Decit

Sebenarnya bunyi decit pada mobil bisa dikatakan lumrah atau normal, karena suara itu terjadi akibat gesekan yang terjadi antara bahan dasar asbes pada kampas rem dengan logam yang terdapat pada tromol. Bisa jadi bunyi decit ketika mengerem disebabkan kotoran yang lama tidak dibersihkan atau tidak terbasuh dengan air. Atau sebaliknya, usai dibasuh dengan air rem akan mengeluarkan suara decit, tapi hal ini lumrah karena akan hilang dengan sendirinya.

Solusi untuk menghilangkan buyi adalah dengan memberikan pelumas atau gemuk di antara bagian kaliper dan kampas, kemudian bisa juga melakukan penyemprotan bagian kampas, atau menggunakan shim diantara kaliper dan kampas, shim ini terbuat dari bahan teflon, karet atau metal untu mencegah cakram dan kampas saling bersinggungan sehingga menimbulkan decit pada kendaraan terutama mobil bekas atau pemakaian yang lama.

Sedangkan bunyi yang amat perlu diperhatikan adalah, suara gesekan antara logam dengan logam ketika menginjak rem, jika ini terjadi maka bisa dipastikan harus Anda ganti kampas rem mobil Anda. Sebab, bahan asbes sebagai bantalan mobil untuk memperlambat laju kendaraan sudah habis, jika habis maka logam kaliper akan bersentuhan hingga menimbulkan bunyi decit yang berupa gesekan logam. Jika Anda dengarkan lebih seksama maka bunyi decit tersebut punya suara yang amat sangat berbeda dengan bantalan bahan asbes atau kampas yang masih utuh. Jika Anda pernah mendengar gesekan antar logam berputar yang diberikan beban, nah kira-kira seperti itulah bunyinya.

2. Keras

Ada kalanya injakan rem keras, nah jika ini terjadi maka penyebabnya ada dua hal, yakni Kit Booster Rem bermasalah atau Selang Booster Rem rusak. Jika salah satu dari dua komponen itu bermaslah maka dipastikan injakan rem atau pedal mobil bekas Anda keras.

Di dalam Kit Booster sebagai komponen pertama terdapat banyak sekali pernak-perniknya, tetapi yang paling dominan menyebabkan rem mobil menjadi keras adalah karet Booster kecil seukuran uang logam, bisa jadi sobek atau rusak. Oya, jika injakan rem turun perlahan bisa dipastikan juga ada minyak rem bocor, selang flexible, pipa rem, atau kit kaliper luka.

Kiat memeriksa Booster Rem:

  • Putar kunci kontak ke posisi off atau mesin tidak menyala
  • Tekan lepas pedal rem hingga posisi tertinggi lalu tahan, hidupkan mesin, jika pedal rem turun perlahan maka rem Anda normal
  • Matikan mesin mobil, jika setelah tekan lepas keadaan mesin mati pedal tak akan naik kembali maka masalah terjadi pada Booster Rem.

3. Macet

Penyebabnya ada beberapa hal, beberapa diantaranya adalah Cam/ Penggerak Break Shoes atau Kampas Rem kotor, cara mengatasi ini adalah melakukan pembersihan berkala agar perputaran roda lancar. Penyebab kedua adalah Per Penahan Kampas Putus, jika ini terjadi maka rem tak mau kembali ke posisi semula karena pegas ini berfungsi untuk mengembalikan rem ke posisi semula. Nah cara mengatasi putus nya per kampas adalah ganti secara berkala sesuai kilometer yang telah dianjurkan oleh mekanik. Beberapa hal lain yang mengakibatkan rem menjadi macet adalah Tromol Aus dan Sepatu Kampas Rem habis.

4. Rem Blong

Masalah rem blong sering terjadi pada mobil bekas. Untuk mencegah terjadinya kerusakan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk tidak akan terjadi pada mobil bekas, Piston Rem Mobil sudah aus / macet, Volume dan kualitas minyak rem yang tidak bagus, Kampas rem yang sudah aus / tipis, Masalah Master Rem Mobil, Masalah Booster Rem, Selang Rem Mobil Bocor. Hindari kejadian ini dan sebisa mungkin untuk mulai melakukann pengecekan berkala.

 

Kenali Masalah Rem Mobil Bekas Anda

Merawat Rem di Bengkel Mobil Resmi

Banyak hal tentu untuk melakukan identifikasi masalah rem mobil bekas Anda lebih prima dan sejajar dengan mobil baru. Dan Kami juga berharap dengan beberapa poin yang sudah diulas akan menjadi bekal Anda merawat mobil bekas yang Anda miliki. Sekedar mengulang kembali untuk mengingatkan bahwa permasalahan rem ini bukan hanya terjadi pada mobil second tetapi mobil keluaran tahun muda juga bisa mengalami ini. Jadi apapun jenis mobil Anda, baik tua ataupun muda harus tetap memeriksakan kondisi kendaraan secara berkala.

Jangan lupa untuk tetap konsultasikan apa yang dialami tentang kendaraan dengan mekanik atau montir ahli, ini juga akan lebih menjaga agar tak melulu harus mengganti komponen, mungkin saja dengan berkonsultasi ternyata masalah bukan pada penggantian komponen. Untuk mengetahui merk komponen rem serta harga Anda bisa menjenguk langsung di toko online agar lebih cepat dan efisien, atau situs pencari belanja di http://www.pricearea.com/harga/mobil.

Kenali Masalah Rem Mobil Bekas Anda

Ilustrasi-Komponen-Rem-Mobil

4
SHARES
The following two tabs change content below.

PriceArea.com

Shopping Search Engine at PT. PriceArea
PriceArea adalah mesin pencari produk yang mewakili toko online di Indonesia dengan mudah, cepat dan akurat. Di halaman Artikel kami, temukan ulasan menarik seputar E-Commerce di Indonesia dan juga berbagai tips dan ulasan produk yang bermanfaat untuk kegiatan belanja Anda.

Comments

comments