Inilah Panduan Untuk Anda yang Mencari Mobil Paling Irit di Indonesia

2
SHARES

Terus melambungnya harga bahan bakar di Indonesia tentu memberikan banyak dampak bagi para konsumen Indonesia. Pencarian jenis mobil-mobil irit bahan bakar menjadi topik hangat yang diperbincangkan semua orang Indonesia. Lalu, seperti panduan Anda Langkanya bahan bakar membuat kita harus bisa menyikapinya dengan bijak. Berbagai trik dan usaha hemat bisa dilakukan, tapi cermat dalam memilih kendaraaan juga diperlukan. Inilah ulasan otomotif PriceArea sebagai panduan untuk Anda yang mencari mobil paling irit di Indonesia.

Inilah Panduan Untuk Anda yang Mencari Mobil Paling Irit di Indonesia

Salah-Satu-Mobil-Irit-Indonesia-Pabrikan-KIA

Trik Memilih Mobil Irit BBM

Hal ini tentu membuat para perusahaan produsen mobil juga turut berlomba-lomba untuk meluncurkan berbagai mobil yang irit. Apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih mobil irit? Berikut kami beri panduan Anda mencari mobil paling irit di Indonesia ;

  • Pilih Mobil Bertransmisi Manual

Dibandingkan dengan mobil matic, ini boleh Anda jadikan sebagai panduang panduan Anda mencari mobil paling irit di Indonesia. Mobil transmisi manual umumnya lebih hemat bahan bakar sebesar 5-10%. Mobil jenis transmisi ini dianggap lebih efisien daripada mobil matic. Jika Anda memang sudah hobi menggunakan mobil matic ada beberapa tips untuk memilih mobil matic yang lebih irit yaitu dengan memilih mobil transmisi otomatis yang lebih banyak. Transmisi otomatis 4 percepatan terbukti lebih irit BBM 3-5% daripada 3 percepatan, transmisi otomatis 5 percepatan lebih irit BBM 3% dari 4 percepatan.

  • Pilih Mobil Tahun Keluaran Baru

Ini juga bisa menjadi panduan Anda mencari mobil paling irit di Indonesia, pasalnya semakin maju teknologi yang berkembang tentunya akan memberi dampak positif juga penciptaan mobil-mobil keluaran terbaru. Pabrik produksi mobil kemudian selalu memikirkan teknologi untuk membuat mobil yang lebih irit BBM untuk memikat para konsumen sehingga mobil-mobil keluaran terbaru akan cenderung lebih efisien dalam pemakaian bahan bakar jika dibandngkan dengan mobil lainnya yang lebih lama. Semakin baru tahun pembuatan mobil maka semakin irit.

  • Pilih Mobil Penggerak Dua Roda

Jika Anda berniat untuk membeli mobil saat ini, salah satu komponen yang harus diperhatikan adalah penggerak roda yang digunakan pada mobil tersebut. Mobil dengan penggerak dua roda ternyata membuat mobil Anda lebih irit dibanding penggerang empat roda (4WD) atau penggerak semua roda (AWD). Mobil dengan penggerak lebih dari dua roda membutuhkan daya mesin yang lebih banyak beroperasi, hal tersebut tentu saja membuat mesin harus bekerja ekstra dan akan menguras lebih banyak bahan bakar sebanyak paling tidak 10% lebih banyak. Penggerak empat roda (4WD) banyak ditemui pada mobil-mobil jenis jip sedangan penggerak semua roda (AWD) lebih banyak digunakan pada mobil sport.

  • Hindari Fitur Tambahan yang Terlalu banyak

Terkadang kita lebih senang jika mobil yang akan kita beli menyediakan berbagai fitur tambahan terutama perangkat hiburan seperti audio, televisi, alarm, dll. Namun sesungguhnya fitur tambahan tersebut akan lebih banyak menguras stok bahan bakar mobil kita. Bobot mobil bertambah, bahan bakar yang dibutuhkan untuk mengoperasikan juga bertambah. Kurangi juga porsi fitur eksterior seperti knalpot, velg, atau spoiler belakang untuk meminimalisir bahan bakar yang akan terkuras lebih banyak.

  • Efisiensikan Ukuran Mobil

Last but not least, ada baiknya Anda sesuaikan kapasitas mobil dengan jumlah anggota keluarga yang ada. Ukuran mobil terbukti juga mempengaruhi penggunaan bahan bakar mobil Anda. Mobil ukuran besar biasanya juga memiliki mesin yang lebih besar. Semakin besar mesinnya maka bahan bakar yang dibutuhkan juga lebih banyak. Jika Anda tidak membutuhkan terlalu banyak ruang, fitur, dan kapasitas penumpang maka sebaiknya pilihlah mobil dengan ukuran kecil. Saat ini mobil city car yang didesain irit bahan bakar sudah banyak sekali beredar di pasar. Bagi Anda yang jarang bepergian ke luar kota, city car mungil cukup untuk memenuhi kebutuhan mobilitas Anda sehari-hari tanpa harus merogoh banyak kocek untuk selalu mengisi bahan bakar.

Jenis Mobil Paling Irit di Indonesia

Hal terpenting yang harus kita ingat, tingkat keiritan sebuah kendaraan tentu tidak hanya diukur dari beberapa hal di atas namun juga bergantung pada tingkat pemakaian pengemudinya. Anda juga harus rajin merawat kebersihan mesin mobil secara berkala dan bijak dalam pemakaian.

Beberapa mobil yang terkenal paling irit di Indonesia:

  • KIA Picanto

Mobil produksi negeri ginseng (Korea) ini merupakan salah satu city car yang memiliki bentuk mungil dan sangat cocok untuk digunakan di daerah perkotaan. Tingkat konsumsi bahan bakarnya sangat irit, yaitu sekitar 4.9 liter/100km atau 1 liternya bisa menempuh jarak hingga 20 km.

  • Hyundai Getz

City car mungil nan manis ini cocok dipakai bagi Anda yang mandiri dan memiliki personil kecil dalam keluarga. Dengan mesin 1.399 cc 4 silinder membuat Getz tetap powerful. Getz menjadi lebih irit karena power to weight ratio nya yang lebih baik sehingga memungkinkan Anda menempuh jarak hingga 16,6 km hanya dengan menggunakan 1 liter bahan bakar.

  • Honda Brio

Mobil populer yang satu ini merupakan buatan pabrik mobil terbesar di dunia yaitu Honda. Honda Brio memang memiliki body mungil tapi jangan salah, Brio memiliki mesin 4 silinder dengan kapasitas 1.339 cc dan bertenaga 100 HP. Jangan khawatir akan boros, Honda Brio dijamin sangat irit karena bisa mencapai sekitar 14.4 KM/liter untuk perjalanan dalam kota dan bahkan sangguup mencapai 19.62 KM setiap satu liternya untuk perjalanan ke luar kota.

 

Inilah Panduan Untuk Anda yang Mencari Mobil Paling Irit di Indonesia

Mobil-Irit-Indonesia-Merk-Honda

Semoga saja panduan untuk Anda yang mencari mobil paling irit di Indonesia bisa terbantu dengan adanya artikel ini, selain memandu trik memilih mobil irit, PriceArea juga menyuguhkan bagaimanan memilih jenis kendaraan yang bisa Anda lihat disini http://www.pricearea.com/result/mobil?cat=mobil. Semoga bermanfaat.

2
SHARES
The following two tabs change content below.

PriceArea.com

Shopping Search Engine at PT. PriceArea
PriceArea adalah mesin pencari produk yang mewakili toko online di Indonesia dengan mudah, cepat dan akurat. Di halaman Artikel kami, temukan ulasan menarik seputar E-Commerce di Indonesia dan juga berbagai tips dan ulasan produk yang bermanfaat untuk kegiatan belanja Anda.

Latest posts by PriceArea.com (see all)

Comments

comments