b_sidebar_bukupedia_gratis_ongkir_4jul18.jpg

Harga Produk Alat Musik Murah di Indonesia

Harga Produk Alat Musik Murah di Indonesia


Aksesoris Musik

b_leaderboard_pasarwarga_kembali_sekolah_6jul18.jpg

Alat Musik Lainnya

Alat Musik Tiup

Alat Musik Tradisional

Piano dan Keyboard

Drum dan Perkusi

Alat Musik

Alat musik merupakan suatu instrumen yang dibuat atau dimodifikasi untuk tujuan menghasilkan musik. Pada prinsipnya, segala sesuatu yang memproduksi suara, dan dengan cara tertentu bisa diatur oleh musisi, dapat disebut sebagai alat musik. Walaupun demikian, istilah ini umumnya diperuntukkan bagi alat yang khusus ditujukan untuk musik. Bidang ilmu yang mempelajari alat musik disebut organologi.

Jenis - jenis alat musik berdasarkan cara memainkannya : 

  1. Alat musik tiup menghasilkan suara sewaktu suatu kolom udara didalamnya digetarkan. Tinggi rendah nada ditentukan oleh frekuensi gelombang yang dihasilkan terkait dengan panjang kolom udara dan bentuk instrumen, sedangkan timbre dipengaruhi oleh bahan dasar, konstruksi instrumen dan cara menghasilkannya. Contoh alat musik ini adalah trompet dan suling.
  2. Alat musik pukul menghasilkan suara sewaktu dipukul atau ditabuh. Alat musik pukul dibagi menjadi dua yakni bernada dan tidak bernada. Bentuk dan bahan bagian-bagian instrumen serta bentuk rongga getar, jika ada, akan menentukan suara yang dihasilkan instrumen. Contohnya adalah kolintang (bernada), drum (tak bernada), dan bongo (tak bernada).
  3. Alat musik petik menghasilkan suara ketika senar digetarkan melalui dipetik. Tinggi rendah nada dihasilkan dari panjang pendeknya dawai.
  4. Alat musik gesek menghasilkan suara ketika dawai digesek. Seperti alat musik petik, tinggi rendah nada tergantung panjang dan pendek dawai.

Pesatnya perkembangan teknologi digital menyebabkan lahirnya alat-alat perangkat dengan kegunaan yang lebih efesien dan efektif seperti alat musik single band. Alat musik ini sangat praktis karena cukup dimainkan oleh satu orang. Di dalamnya terdapat irama (style), beragam suara, dan fasilitas simple recording. Yamaha menamakan perangkat ini dengan portasound (portable sound). Sementara Roland menyebut sebagai electone (electric tone).

Murahnya harga perangkat dan efesiennya biaya, menyebabkan single band dewasa ini menjadi primadona bagi pihak-pihak yang menginginkan hiburan praktis ekonomis. Jika dibanding dengan full band yang minimal dimainkan oleh 4 orang ditambah sound system berkekuatan besar, maka single band menjadi pilihan alternatif yang cukup terjangkau.



Artikel Terkait Seputar alat musik

Mengenal Musik Marawis dan Alat Musik Marawis Di Indonesia

Marawis adalah salah satu jenis musik perkusi dengan unsur religius yang kental. Dibawakan untuk mengiringi shalawat atau pujian kepada Allah dan Rosul, disertai tari-tarian sufistik. Dalam memainkan musik marawis, ada beberapa alat musik yang digunakan, contoh alat-alat musik marawis adalah sebagai berikut ini : Hajir marawis: sebuah gendang yang berukuran diameter 45 cm dengan tinggi 60-70 cm. Alat ini terbuat dari kayu yang bagian tengahnya dilubangi sehingga berbentuk mirip sebuah tabung. Kedua ujungnya ditutup dengan kulit binatang (kambing atau domba) yang berfungsi sebagai selaput/memberan. Dumbuk pinggang: sejenis gendang yang bentuknya mirip dandang, bagian tengah dan kedua ujungnya memiliki diameter yang… Selengkapnya >>

5 Alat Musik Set Dj Paling Favorit

Siapa yang tidak musik ? Jawab nya pasti tidak ada. Semua orang menyukai musik, mulai dari musik tradisional, modern, pop, melayu, dangdut, rock, hip hop, R&B dll. Ada yang bilang music is my country, mungkin tepat untuk penduduk Indonesia yang sangat suka musik dangdut. Tapi seiring berjalannya waktu, musik di Indonesia semakin berkembang dan musik di Indonesia sudah banyak yang terkontaminasi musik dari negara lainnya. Bicara tentang musik, kamu pasti tau musik dengan irama yang sangat menghentak dengan alunan lagu yang sangat bersemangat yang dimainkan oleh seorang disc joki ( Dj ). Jadi awal mula DJ itu pertama kali lahir… Selengkapnya >>