b_sidebar_gosend_14sep17.jpg

Harga Produk Alat Musik Tradisional Murah di Indonesia

Harga Produk Alat Musik Tradisional Murah di Indonesia


Filter Pencarian
b_leaderboard_bukalapak_diskon_30_9okt17a.jpg

Alat Musik Tradisional

Menurut Sedyawati (1992 : 23) pengertian musik tradisional adalah musik yang dipakai sebagai perwujudan dan nilai budaya yang sesuai dengan tradisi. Musik tradisional menurut Tumbijo (1977 : 13) adalah suatu seni budaya yang sejak lama turun temurun telah hidup dan berkembang pada daerah tertentu.

Dari kedua pengertian tersebut bisa di simpulkan bahwa musik tradisional merupakan musik masyarakat yang di wariskan secara turun-temurun dan bekelanjutan dalam masyarakat suatu daerah. Alat musik tradisional sendiri merupakan instrumen yang digunakan untuk menghasilkan alunan nada dan suara yang dipadukan dengan nyanyian serta irama. Ada beberapa alat musik tradisional yang memiliki ciri khas tersendiri di setiap daerah.

Kecapi
Kecapi adalah alat musik yang hampir sama dengan alat musik gitar yaitu sama-sama memiliki senar dan dipetik. Hanya saja yang membedakan kecapi dan gitar adalah bentuk dan posisi dalam memainkannya. Berdasarkan info yang beredar, kecapi ini berasal dari daerah Sunda. Sunda adalah salah satu suku yang ada di Indonesia, semoga saja alat musik tradisional kebanggan suku Sunda ini terus tetap lestari ditengah zaman globalisasi seperti sekarang ini.

Sitar
Sitar adalah salah satu jenis alat musik petik yang berasal dari Asia Selatan. Selain itu, alat musik ini juga dikenal menggunakan senar. Karena itulah sitar dimainkan dengan metode petik, sama halnya dengan kecapi dan gitar. Alat musik ini sering digunakan dalam seni musik klasik hindustan sejak zaman pertengahan.

Sasando
Sasando adalah alat musik dawai yang berasal dari pulau Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT). Sekilas, sasando hampir mirip gitar dalam cara memainkannya. Perlu diketahui pula, ternyata sasando ini sudah digunakan oleh masyarakat Rote sejak abad ke-7 Masehi.

Kolintang
Kolintang adalah sebuah alat musik tradisional masyarakat Minahasa Sulawesi Utara Indonesia. Alat musik ini dibuat dari kayu khusus yang disuusun secara rapi dan dimainkan dengan cara dipukul.

Alat musik tradisional juga sering digunakan untuk mengiringi berbagai macam hal seperti Upacara adat budaya (ritual), Pengiring Tarian, Sarana Hiburan, Sarana Komunikasi, Sarana Ekspresi Diri, dan Sarana Ekonomi.



Artikel Terkait Seputar alat musik

Mengenal Musik Marawis dan Alat Musik Marawis Di Indonesia

Marawis adalah salah satu jenis musik perkusi dengan unsur religius yang kental. Dibawakan untuk mengiringi shalawat atau pujian kepada Allah dan Rosul, disertai tari-tarian sufistik. Dalam memainkan musik marawis, ada beberapa alat musik yang digunakan, contoh alat-alat musik marawis adalah sebagai berikut ini : Hajir marawis: sebuah gendang yang berukuran diameter 45 cm dengan tinggi 60-70 cm. Alat ini terbuat dari kayu yang bagian tengahnya dilubangi sehingga berbentuk mirip sebuah tabung. Kedua ujungnya ditutup dengan kulit binatang (kambing atau domba) yang berfungsi sebagai selaput/memberan. Dumbuk pinggang: sejenis gendang yang bentuknya mirip dandang, bagian tengah dan kedua ujungnya memiliki diameter yang… Selengkapnya >>

5 Alat Musik Set Dj Paling Favorit

Siapa yang tidak musik ? Jawab nya pasti tidak ada. Semua orang menyukai musik, mulai dari musik tradisional, modern, pop, melayu, dangdut, rock, hip hop, R&B dll. Ada yang bilang music is my country, mungkin tepat untuk penduduk Indonesia yang sangat suka musik dangdut. Tapi seiring berjalannya waktu, musik di Indonesia semakin berkembang dan musik di Indonesia sudah banyak yang terkontaminasi musik dari negara lainnya. Bicara tentang musik, kamu pasti tau musik dengan irama yang sangat menghentak dengan alunan lagu yang sangat bersemangat yang dimainkan oleh seorang disc joki ( Dj ). Jadi awal mula DJ itu pertama kali lahir… Selengkapnya >>