b_sidebar_bhinneka_diskon_juara_10jul18.jpg

Harga Produk Pendidikan Murah di Indonesia

Harga Produk Pendidikan Murah di Indonesia


Filter Pencarian
b_leaderboard_bhinneka_diskon_juara_10jul18.jpg

Education

Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk terpadat keempat di dunia dan negara dengan demokrasi terbesar ketiga. Kepulauan lebih dari 18.000 pulau merupakan rumah bagi lebih dari seperempat juta orang, yang 86 persennya diidentifikasikan sebagai Muslim menjadikannya sebagai negara berpenduduk mayoritas Muslim terbesar di dunia. Secara demografis, bangsa ini masih muda, memiliki kelas menengah yang sedang berkembang, dan tidak menghadapi isu terkait dengan membengkaknya populasi lansia yang dihadapi oleh negara-negara seperti Jepang dan Korea Selatan. 

Sistem pendidikan Indonesia didasarkan pada struktur sekolah 12 tahun (6 + 3 + 3) diikuti oleh empat tahun di tingkat sarjana dan dua tahun di tingkat master untuk siswa yang mengejar studi non-kejuruan.

Pendidikan ( Education ) diwajibkan untuk sembilan tahun pertama (sekolah dasar dan sekolah menengah pertama), dan pendidikan Islam ditawarkan di semua tingkat. Bahasa pengantarnya adalah bahasa Indonesia, namun bahasa daerah setempat dapat digunakan dalam tiga tahun pertama sekolah dasar. Tahun ajaran berjalan dari pertengahan Juli sampai pertengahan Juni pada sistem semester.

Pendidikan Dasar (sekolah dasar - SD)

Sekolah dasar dimulai pada usia enam tahun untuk kebanyakan anak dan diwajibkan untuk semua. Kurikulum enam tahun meliputi: Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Agama, Sejarah Indonesia, Bahasa Indonesia (bahasa nasional), matematika, sains, studi sosial, pendidikan jasmani, dan seni.

Siswa lulus dengan Sertifikat Kelulusan (STK) setelah mengikuti ujian akhir yang dikelola oleh sekolah. Pada tahun 2010, 83,2 persen dari semua anak di bidang pendidikan dasar berada di sekolah umum.

Sekolah Menengah Pertama (SMP)

Sekolah menengah pertama berusia tiga tahun (kelas 6-9) dan kurikulumnya meliputi: Pancasila, pendidikan agama, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, matematika, biologi, kimia, fisika, ekonomi, geografi, sejarah, seni, dan pendidikan Jasmani.

Siswa lulus dengan Sertifikat Penyelesaian Pendidikan Menengah Pertama (STMB: SMP atau Ijazah: SMP), yang dikeluarkan oleh sekolah.

Pendidikan Menengah Atas (SMA)

Pendidikan menengah atas adalah tiga tahun (kelas 9-12), dengan kurikulum tahun pertama lebih generalis daripada dua yang terakhir. Siswa bergabung dengan sekolah umum Menengah (SMA) atau aliran kejuruan (Madrasah Aliyah Kejuruan - MAK) saat masuk ke sekolah menengah atas.

Dari tahun kedua aliran sekunder akademis umum, siswa mengkhususkan diri pada salah satu dari empat kelompok disiplin, sementara juga terus mempelajari mata pelajaran inti :

  1. Ilmu alam
  2. Ilmu Sosial
  3. Bahasa
  4. Agama (di madrasah)

Aliran atau disiplin yang dipilih oleh siswa pada umumnya akan menentukan bidang studi yang mereka terapkan pada tingkat pendidikan tinggi, jika mereka memilih untuk melanjutkan studi mereka, walaupun penekanan pada spesialisasi telah berkurang dalam dekade terakhir.

Pada tahun 2010, 50,2 persen siswa sekolah menengah atas terdaftar di sekolah umum. Mayoritas madrasah dan sekolah agama bersifat pribadi. Sekolah swasta diharuskan mematuhi peraturan pendidikan nasional di bidang kurikulum, kalender pendidikan, beban mengajar dan standar kualitas guru. Siswa yang lulus Ujian Nasional menerima sertifikat kelulusan yang setara dengan siswa sekolah menengah umum.
 



Artikel Terkait Seputar buku

Rezeki Ramadhan Bukupedia Gratis Voucher Rp 20.000

Memang benar bahwa minat baca orang Indonesia tergolong rendah bila dibandingkan dengan negara-negara Eropa, Amerika atau Asia seperti Jepang, China dan Koreas Selatan. Tetapi jumlah penduduk Indonesia yang sedemikian besar menjadi faktor penentu angka penjualan dari barang jenis apapun. Meskipun minat baca kita rendah secara presentasi, namun jumlah pembaca kita mungkin saja lebih besar dibandingkan dengan negara-negara kecil seperti Jepang dan Korea. Oleh karena itu jual beli buku menjadi salah satu usaha yang mulai digemari saat ini. Di lain sisi, perkembangan e-commerce di negara kita ini sedang pesat-pesatnya dan hampir semua hal ada versi online shop-nya. Terkait dengan angka penjualan… Selengkapnya >>

Promo Buku di Festival Buku Pilihan Bukupedia

Festival buku pilihan dari Bukupedia di Hari Buku Sedunia atau World Book Day merupakan perayaan tahunan yang digagas oleh UNESCO. Pertama kali ditetapkan dan dirayakan pada 23 April 1995, Hari Buku Sedunia merupakan sebuah perayaan yang bertujuan untuk mengenalkan pentingnya (dan banyaknya manfaat) buku bagi kehidupan manusia. Selain itu, Hari Buku Sedunia juga menjadi bentuk penghargaan terhadap penulis, penerbit, dan semua pihak yang terlibat dalam pembuatan sebuah buku. Sehingga World Book Day juga mencakup perayaan tentang hak cipta dari buku, yang kemudian sering pula disebut sebagai World Book and Copyright Day. Pemilihan tanggal 23 April sebagai Hari Buku Sedunia adalah… Selengkapnya >>

Promo Diskon 11 Tahun Bukupedia

Semua buku dari Diva Press, Huta Media, Bumi Semesta Media, Grass Media, dan Deepublish DISKON MULAI DARI 20% di Bukupedia. Ada buku novel fiksi, religi, pendidikan, keuangan, biografi, dan masih banyak lagi. Dapatkan ratusan buku tersebut dengan diskon khusus dalam rangka #11thBukupedia di Bulan April 2018 ini. Bukupedia adalah toko buku online lokal dan impor. Untuk melihat katalog buku yang tersedia maupun melakukan pemesanan, Anda dapat langsung mengakses webnya. Bukan hanya itu, di Promo Diskon 11 Tahun Bukupedia ada subsidi gratis ongkir hingga 20.000 khusus selama Bulan April 2018. Hanya dengan pembelanjaan buku subtotal min 150.000 kamu otomatis akan langsung mendapatkan… Selengkapnya >>

Win A Trip To Bangkok With Bukupedia.com

Bangkok termasuk salah satu kota di luar negeri yang paling banyak dikunjungi orang Indonesia. Bangkok City atau nama aslinya Krung Thep adalah ibukota dari Thailand. Dengan banyaknya kuil dan budaya di sana, Bangkok dikunjungi 11 juta turis setiap tahunnya. Bangkok punya paket lengkap dari wisata alam, budaya bahkan sampai wisata malam. Selain itu di Bangkok ada banyak fakta unik dan menarik, apa saja, ya? Bangkok punya nama kota terpanjang di dunia. Nama asli Bangkok sebenarnya adalah “Krung Thep Mahanakhon Amon Rattanakosin Mahinthara Yuthaya Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Burirom Udomratchaniwet Mahasathan Amon Piman Awatan Sathit Sakkathattiya Witsanukam Prasit”, dan sudah didaftarkan… Selengkapnya >>

Bukupedia.com Toko Buku Online Indonesia Terlengkap & Terpercaya

Bukupedia (sebelumnya bookoopedia) adalah toko buku online yang hadir sejak tahun 2007 dengan tujuan membantu masyarakat Indonesia memperoleh buku berkualitas dengan cara yang lebih mudah dan menyenangkan. Sebagai pencinta buku, dapat mencari lebih dari 10.000 buku Indonesia dan jutaan buku impor Amazon dari 9 negara. Bukupedia sangat mendukung karya anak bangsa. Maka dari itu kami secara khusus memberikan dukungan kepada para komikus Indonesia dengan menyediakan halaman dan rak buku khusus untuk buku komik Indonesia. Dengan begitu para pengunjung Bukupedia akan lebih mudah melihat dan mencari komik-komik Indonesia tersebut. Apa yang menarik dari Bukupedia ? Ternyata selain menyediakan buku - buku… Selengkapnya >>