b_sidebar_bhinneka_get_things_done_23okt17.jpg

Harga Produk Musik Murah di Indonesia

Harga Produk Musik Murah di Indonesia


Filter Pencarian
b_leaderboard_gosend_14sep17.jpg

Alat Musik Tiup

Alat musik tiup adalah suatu alat musik yang mengandung suatu jenis penalun (resonator), biasanya suatu tabung, yang kolom udara di dalamnya digetarkan dengan cara meniup ke atau melalui suatu tempat di ujung penalun. Titinada (pitch) getaran ditentukan oleh panjang tabung dan modifikasi manual panjang efektif kolom getar udara. Alat musik tiup banyak jenisnya banyak juga bahan dasarnya, ada yang terbuat dari kayu dan bambu untuk instrumen tradisional, ada juga yang terbuat dari plastik dan besi serta logam untuk kategori modern.

Untuk memperoleh nada pada alat musik tentu kita harus mengetahui bagaimana caranya. jika kita tidak mengetahui caranya, nada yang dikeluarkan pasti tidak akan enak didengar. Untuk itu kita harus mengetahui caranya, berikut merupakan beberapa cara yang tepat, diantaranya:

Mengubah panjang kolom udara getar dengan cara:

  • Mengubah panjang tabung lewat pengaturan katup yang dilewati oleh udara yang masuk melalui tabung tambahan, sehingga akan meningkatkan panjang keseluruhan tabung, serta menurunkan titik nada dasar. Biasanya cara ini digunakan pada alat musik tiup berbahan logam (brasswind instrument).
  • Mengubah panjang efektif tabung dengan menutup atau membuka lubang yang terdapat pada sisi tabung. Biasanya cara ini digunakan hampir pada semua alat musik tiup kayu (woodwind instrument).
  • Memperpanjang tabung alat musik menggunakan mekanisme geser. Biasanya cara ini digunakan pada alat musik tiup seperti trombon. Menggetarkan kolom udara pada berbagai harmoni tanpa mengubah panjang kolom udara.

Flute
Flute merupakan alat musik modern yang biasanya terbuat dari perak atau emas. Flute juga termasuk ke dalam keluarga seruling, tapi flute memiki bahan yang berbeda dari seruling. Flute untuk pelajar yang masih belajar memakai flute terbuat dari nikel atau besi.

Harmonika
Harmonika merupakan alat musik yang cara memainkannya dihisap dan ditiup. Alat musik ini berasal dari alat musik tradisional China “Sheng”. Sedangkan harmonika modern ditemukan sekitar tahun 1821 oleh C.Friedrich Buschman.  Harmonika memiliki bentuk yang bervariasi, ada yang memiliki 10 lubang dan 20 lubang.

Saxophone
Saxophone atau saksofon merupakan alat musik tiup yang berasal dari Belgia dan termasuk ke dalam keluarga alat musik tiup logam (Brasswind instrument). Alat musik modern ini dibuat oleh pemain clarinet yang bernama Adolphe Sax, karena namanya itu alat musik ini diberi nama saxophone.