b_sb_gosend.jpg

Harga Musik Murah di Indonesia

Harga Musik Murah di Indonesia


Filter Pencarian
b_bt_gosend.jpg

Alat Musik

Alat musik merupakan suatu instrumen yang dibuat atau dimodifikasi untuk tujuan menghasilkan suara dengan nada yang indah yang biasa kita sebut dengan musik. Pada dasarnya, segala sesuatu yang menghasilkan suara dan memainkannuya dengan cara tertentu atau bisa diatur oleh musisi yang memainkannya, dapat disebut sebagai alat musik. Walaupun demikian, istilah ini umumnya diperuntukkan bagi alat yang khusus ditujukan untuk musik. Sedangka bidang ilmu yang mempelajari alat musik disebut organologi.

Berikut ini adalah jenis alat musik berdasarkan sumber bunyinya :

  • Alat musik yang sumber suaranya dihasilkan oleh bahan dasar pembuatannya seperti kuningan atau baja disebut dengan Idiofon. Contoh alat musik idiofon adalah kolintang,drum, bongo, kabasa, dan angklung. 
  • Alat musik yang sumber suaranya di hasilkan dari hembusan udara yang terdapat pada rongga disebut dengan Aerofon. Contoh alat aerofon adalah suling, trompet, harmonika, dan trombon.
  • Alat musik yang sumber suara atau bunyi dari gelombong yang dihasilkan oleh dawai atau senar disebut dengan Kordofon. Contoh alat musik kordofon adalah bass, gitar, biola, dan kecapi. 
  • Alat musik yang sumber suara atau bunyinya dihasilkan dari Selaput atau membran disebut dengan Membranofon. Contoh alat musik membranofon adalah tifa, drum, kendang, tam-tam dan rebana.
  • Alat musik yang sumber bunyinya dibangkitkan oleh tanaga listrik atau elektronik disebut dengan Elektrofon. Contoh alat musik elektrofon adalah keyboard, gitar listrik, bass listrik, dan piano listrik.

Berikut ini adalah jenis alat musik berdasarkan cara memainkannya :

  • Alat musik yang cara memainkannya dengan ditiup ini menghasilkan suara jika kolom udara pada alat musik ini digetarkan. Gelombang frekuensi yang dihasilkan tergantung pada tinggi rendahnya nada terkait dengan panjang kolom udara dan bentuk dari instrumen, untuk timbre pada alat musik tiup ini cukup dipengaruhi oleh bahan dasar dari kontruksi instrumen dan cara menghasilkan nada yang diinginkan. Contoh alat musik tiup adalah trompet dan suling. 
  • Alat musik yang cara memainkannya dengan cara dipukul ini menghasilkan nada atau suara sewaktu dipukul atau ditabuh. Bentuk dan bahan atau bagian-bagian instrumen serta bentuk rongga getar dari alat musik pukul jika ada, akan menentukan nada atau suara yang dihasilkan oleh instrumen. Contoh alat musik pukul adalah : kolintang, drum, dan bongo.
  • Alat musik yang cara memainkannya dengan cara di petik atau di gesekkan senarnya. Tinggi rendahnya nada yang dihasilka dari panjang pendeknya senar atau dawai. Contoh alat musik petik atau gesek adalah : gitar, biola, dan harpa.

Harga alat musik saat ini cukuplah bervariasi dan kamu juga bisa mendapatkan para penjual alat musik yang terpercaya jangan lupa beli alat musik yang bergaransi resmi ya.