Pricearea.com
b_sb_flight2-28des.jpg

batik - Buku - Bisnis Manajemen Dan Keuangan

Kategori

Penjual

Range Harga

Rp.  -  Rp.


Filter Pencarian
   


Batik Muslimah: Tampil Anggun dan Syar'i dengan Busana…

Buku : Bisnis Manajemen dan Keuangan : Batik Muslimah: Tampil Anggun dan Syar'i dengan Busana Muslimah Bermotif

Rp. 68.000
Ke Penjual

Aneka Aksesoris Batik Nan Cantik & Unik

Buku : Bisnis Manajemen dan Keuangan : Aneka Aksesoris Batik Nan Cantik & Unik

Rp. 25.000
Ke Penjual

Kreasi Aksesori Batik

Buku : Bisnis Manajemen dan Keuangan : Kreasi Aksesori Batik

Rp. 34.000
Ke Penjual

Batik Muslimah: Tampil Anggun dan Syar'i dengan Busana…

Buku : Bisnis Manajemen dan Keuangan : Batik Muslimah: Tampil Anggun dan Syar'i dengan Busana Muslimah Bermotif

Rp. 68.000
Ke Penjual

Mau Kami Bantu Cari?

MisterPrice akan menjadi asisten Anda yang siap membantu untuk menentukan produk yang Anda cari.

MisterPrice


Artikel Terkait Seputar batik

  • PriceArea
    Batik Keris merupakan perusahaan yang sudah lama/tua dengan pengalaman yang sudah berpuluh-puluh tahun, dimulai dari home industry hingga berkembang sampai sekarang. Batik Keris merupakan salah satu perusahaan batik terbesar di Indonesia yang meliputi pabrik batik tradisional, garment, dan toko-toko yang…
  • PriceArea
    [caption id="attachment_34518" align="aligncenter" width="725"] Kemeja Batik Songket[/caption] Jika mendengar kain songket pastinya anda sudah tahu bahan fashion ini berasal dari negeri tetangga seperti Malaysia dan Brunei. Songket tergolong dari golongan keluarga tenunan brokat, dengan gaya ciri khas benang emas dan…
  • PriceArea
    Berbicara tentang fashion saat ini memang tidak ada habisnya, berbagai macam fashion terbaru hadir setiap saat dan bisa membuat semua orang menyukainya dalam sekejap. Kemeja batik modern menjadi salah satu trend fashion yang banyak di gandrungi oleh para kawula muda.…
  • PriceArea
    Batik merupakan salah satu kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi sekaligus sebagai budaya asli bangsa Indonesia. Dahulu batik sering di kenakan oleh perempuan Indonesia saat acara-acara adat atau dalam suatu perayaan pernikahan atau perayaan desa dan lain-lain. Namun, kini batik…
  • PriceArea
    Kemeja batik saat ini tidak lagi identik dengan bapak-bapak karena dengan berkembangnya zaman busana ini semakin di gandrungi oleh semua kalangan bahkan para seleb sekalipun. Batik merupakan ciri khas maha karya Indonesia yang unik dan penuh pesona. Kemeja batik sudah…

Batik Pria

Batik Pria
Saat ini batik sudah menjadi bagian tak terpisahkan dalam dunia fashion Indonesia. Dulu memang batik tidak dilirik oleh kalangan muda, namun semenjak insiden pengakuan Malaysia, saat ini batik menjadi salah satu pakaian nasional yang sangat populer hampir di seluruh Indonesia. Batik tidak hanya digemari oleh wanita saja, saat ini sudah banyak kaum pria yang memandang batik sebagai salah satu jenis pakaian yang baik untuk gaya mereka. Oleh karena itu, saat ini banyak produsen yang mulai melirik pasar batik pria. Batik pria sendiri juga tidak monoton. Berbeda dengan beberapa tahun silam, saat ini batik pria banyak dikombinasikan dengan bahan lain dan bahkan motifnya-pun jauh berbeda dari batik-batik lawas. 


Saat ini ada beberap jenis kombinasi pakaian batik pria yang mungkin akan sangat pas untuk anak muda. Jenis kombinasi tersebut antara lain adalah:


1. Batik Bola
Jenis batik ini mulai terkenal beberapa tahun lalu dan sampai sekarang masih menjadi salah satu jenis batik paling digemari oleh kaum pria. Selain gayanya yang “muda” jenis batik ini adalah jenis batik baru yang belum pernah ada sebelumnya. Tidak bisa dipungkiri bahwa jenis batik ini adalah salah satu jenis batik yang mengangkat nama batik di kalangan anak muda. 


2. Batik Tenun
Jenis batik pria yang satu ini juga bisa dibilang masih sangat baru. Konsepnya adalah mengkombinasikan kain batik dengan kain tenun yang juga merupakan produk asli Indonesia. Dengan kombinasi yang pas, jenis batik ini mampu memberikan gaya etnik sekaligus unik. Jenis batik ini biasanya diminati oleh anak muda yang ingin tampil lebih dewasa. 


4. Batik Moderen
Batik moderen adalah jenis kemeja batik yang lebih menonjolkan jenis potonganya. Meskipun dibuat dengan motif-motif tradisional, jenis batik ini memiliki potongan kemeja moderen yang pastinya lebih pas dengan gaya masa kini. Jenis batik ini banyak dipakai oleh eksekutif muda dan atau orang-orang yang ingin tampil formal di acara-acara khusus seperti pernikahan dan lainya. 

Batik Keris merupakan perusahaan batik yang didirikan didaerah Sukoharjo, tepatnya di Kelurahan Cemani Pada tahun 1946 oleh Kasoem Tjokrosaputra. Bidang usaha ini sebenarnya telah dijalankan oleh kedua orang tuanya sejak Tahun 1920. Seiring dengan semakin berkembangnya usaha yang dirintis, maka pada tahun 1970 terjadi perubahan status perusahaan dari bentuk perusahaan perseorangan menjadi bentuk perseroan terbatas (PT) dengan akta Notaris R. Sugondo Suryo No. 1 pada tanggal 2 April 1970 di kota Solo.

Akta tersebut terdaftar pada Menteri Kehakiman Republik Indonesia tanggal 28 september 1971 No. JA 5/143/18 dan dimuat dalam berita Negara Republik Indonesia tanggal 2 Februari 1973 No. 10. Pada saat itu PT Batik Keris mampu mempekerjakan sekitar 2.000 karyawan. Untuk menunjang kebutuhan bahan baku agar tidak terganggu oleh fluktuasi pasar, maka pada tahun 1974 pemegang saham PT. Batik Keris mendirikan PT. Dan Liris. PT. Dan Liris diarahkan untuk memproduksi benang, pertenunan, finishing pewarnaan serta konfeksi pakaian jadi.

Batik Menurut Teknik

Batik tulis adalah kain yang dihias dengan teksture dan corak batik menggunakan tangan. Pembuatan batik jenis ini memakan waktu kurang lebih 2-3 bulan.
Batik cap adalah kain yang dihias dengan teksture dan corak batik yang dibentuk dengan cap ( biasanya terbuat dari tembaga). Proses pembuatan batik jenis ini membutuhkan waktu kurang lebih 2-3 hari.
Batik lukis adalah proses pembuatan batik dengan cara langsung melukis pada kain putih.

Menurut Asal Pembuatan

Batik Jawa

Sebuah warisan kesenian budaya orang Indonesia, khususnya daerah Jawa yang dikuasai orang Jawa dari turun temurun. Batik Jawa mempunyai motif-motif yang berbeda-beda. Perbedaan motif ini biasa terjadi dikarnakan motif-motif itu mempunyai makna, maksudnya bukan hanya sebuah gambar akan tetapi mengandung makna yang mereka dapat dari leluhur mereka, yaitu penganut agama animisme, dinamisme atau Hindu dan Buddha. Batik jawa banyak berkembang di daerah Solo atau yang biasa disebut dengan batik Solo.

Berdasarkan daerah asal

Batik Bali
Batik Banyumas
Batik Betawi
Batik Besurek
Batik Madura
Batik Malang
Batik Pekalongan
Batik Tegal (Tegalan)
Batik Solo
Batik Yogyakarta
Batik Tasik
Batik Aceh
Batik Cirebon
Batik Jombang
Batik Banten
Batik Tulungagung
Batik Kediri
Batik Kudus
Batik Jepara / Batik Kartini
Batik Brebes
Batik Minangkabau
Batik Minahasa
Batik Belanda
Batik Jepang

Corak batik

Ragam corak dan warna Batik dipengaruhi oleh berbagai pengaruh asing. Awalnya, batik memiliki ragam corak dan warna yang terbatas, dan beberapa corak hanya boleh dipakai oleh kalangan tertentu. Namun batik pesisir menyerap berbagai pengaruh luar, seperti para pedagang asing dan juga pada akhirnya, para penjajah. Warna-warna cerah seperti merah dipopulerkan oleh Tionghoa, yang juga memopulerkan corak phoenix.

Kebaya merupakan jenis busana yang dipakai oleh kalangan wanita Jawa, khususnya di lingkungan budaya Yogyakarta dan Surakarta, Jawa Tengah. Biasanya disertai kemben dan kain tapih pinjung dengan stagen. Baju kebaya dikenakan oleh kalangan wanita bangsawan maupun kalangan rakyat biasa baik sebagai busana sehari-hari maupun pakaian upacara.

Pada busana upacara seperti yang dipakai oleh seorang garwo dalem misalnya, baju kebaya menggunakan peniti renteng dipadukan dengan kain sinjang atau jarik corak batik, bagian kepala rambutnya digelung (sanggul), dan dilengkapi dengan perhiasan yang dipakai seperti subang, cincin, kalung dan gelang serta kipas biasanya tidak ketinggalan. 


Filosofi Kebaya

Bagi seorang wanita Jawa, kebaya bukan hanya sebagai sebatas pakaian. Lebih dari itu kebaya juga menyimpan sebuah filosofi tersendiri. Sebuah filosofi yang mengandung nilai-nilai kehidupan. Keberadaan kebaya di Indonesia bukan hanya sebagai menjadi salah satu jenis pakaian. Kebaya memiliki makna dan fungsi lebih dari itu. Bentuknya yang sederhana bisa dikatakan sebagai wujud kesederhanaan dari masyarakat Indonesia. 

Nilai filosofi dari kebaya adalah kepatuhan, kehalusan, dan tindak tanduk wanita yang harus serba lembut. Kebaya selalu identik dipasangkan dengan jarik atau kain yang membebat tubuh. Kain yang membebat tubuh tersebut secara langsung akan membuat siapapun wanita yang mengenakannya kesulitan untuk bergerak dengan cepat. Itulah sebabnya mengapa wanita Jawa selalu identik dengan pribadi yang lemah gemulai. 

Menggenakan kebaya akan membuat wanita yang mengenakannya berubah menjadi seorang wanita yang anggun dan mempunyai kepribadian. Potongan kebaya yang mengikuti bentuk tubuh mau tidak mau akan membuat wanita tersebut harus bisa menyesuaikan dan menjaga diri. Setagen yang berfungsi sebagai ikat pinggang, bentuknya tak ubah seperti kain panjang yang berfungsi sebagai ikat pinggang.

Kebayanya dibuat dari berbagai jenis bahan katun, baik yang polos satu warna seperti merah, putih, kuning, hijau, biru dan sebagainya maupun bahan katun atau brokat yang berbunga atau bersulam, menggunakan stagen sebagai ikat pinggang. Kalangan wanita di Jawa, biasanya baju kebaya mereka diberi tambahan bahan berbentuk persegi panjang di bagian depan yang berfungsi sebagai penyambung (kuthubaru). 

Tak terkecuali para anak-anak yang juga ingin tampil modis dengan kebaya, para orang tua pun harus ekstra mencarikan kebaya yang pantas dan indah untuk anak-anak mereka. Untuk penggunaan kebaya pada anak-anak sendiri biasanya diperlukan saat acara-acara besar sekolah atau perayaan seperti memperingati Hari Kartini, lomba, perayaan 17 Agustus atau perayaan kemerdekaan, dan lain sebagainya.Semua itu dilakukan agar anak mengerti, mengetahui, dan menghormati kebaya yang merupakan pakaian tradisional atau pakaian adat dari Indonesia.