b_sidebar_tokopedia_juni_mantap_13jun19.jpg
b_sidepromo_blibli_rtx_wolfenstein_13jun19.jpg
b_sidepromo_tokopedia_juni_mantap_13jun19.jpg

Harga Produk Perkakas Murah di Indonesia

Harga Produk Perkakas Murah di Indonesia


Filter Pencarian
b_leaderboard_blibli_token_listrik_28jan19.jpg

Ragum

Ragum berfungsi untuk menjepit benda kerja secara kuat dan benar, artinya penjepitan oleh ragum tidak boleh merusak benda kerja. Dengan demikian ragum harus lebih kuat dari benda kerja yang dijepitnya. Untuk menghasilkan penjepitan yang kuat maka pada mulut ragum / rahangnya dipasangkan baja berigi sehingga benda kerja dapat dijepit dengan kuat. Rahang-rahang ragum digerakkan oleh batang ulir yang dipasangkan pada rumah ulir. Apabila batang ulir digerakkan / diputar searah jarum jam, maka rahang ragum akan menutup, tetapi bila diputar berlawanan dengan arah jarum jam maka rahang ragum akan membuka. 


PENGGUNAAN RAGUM

1. Menentukan bidang dasar
Yang dimaksud dengan bidang dasar adalah bidang yang dijadikan acuan untuk pengambilan ukuran, kesikuan dan kesejajaran terhadap bidang lain. Suatu pekerjaan yang berbentuk balok, minimal harus mempunyai 3 bidang dasar, di mana bidang dasar tersebut diambil dari bidang yang berbatasan satu sama lain.

2. Mengatur ketinggian ragum
Ketinggian ragum harus diatur sesuai dengan kebutuhan pengerjaan. Untuk pengerjaan kasar, di mana tenaga pengerjaan diperlukan lebih besar, tinggi ragum diatur lebih rendah. Untuk pengerjaan presisi, ragum diatur lebih tinggi dan untuk pengerjaan yang umum, tinggi ragum diatur setinggi siku pada lengan.

3. Pencekaman benda kerja
Untuk membuka rahang ragum dilakukan dengan cara memutar tangkai/tuas pemutar ke arah kiri (berlawanan arah jarum jam) sehingga batang berulir akan menarik landasan tidak tetap pada rahang tersebut, demikian pula sebaliknya untuk pekerjaan pengikatan benda kerja tangkai pemutar diputar ke arah kanan (searah jarum jam).

Menjepit benda kerja pada ragum

Bila kita menjepit benda kerja pada ragum, benda kerja yang keluar dari mulut ragum janganlah terlalu tinggi, terutama apabila bahan benda kerja itu terbuat dari logam tipis. Bila memungkinkan perbandingan bahan yang keluar dari mulut ragum harus lebih kecil daripada bagian yang terjepit.

Ragum digunakan untuk membantu pekerjaan memotong, mengikir, mengelas dan sebagainya dengan cara dicekam supaya pekerjaan menjadi lebih mudah dan aman. Ragum terbuat dari baja cor yang keras, tersedia dalam berbagai ukuran sesuai dengan kebutuhan Ragum biasanya ditempatkan pada bangku kerja dengan cara dibautkan langsung (ragum tetap) namun adapula yang hanya dijepitkan dengan klem ulir saja sehingga lebih mudah untuk dipindah-pindahkan (ragum portable).

Bagian permukaan untuk menjepit bisa dilepas dan diganti sesuai dengan benda kerjanya, apabila benda kerja yang akan dijepit lebih lunak maka permukaan untuk menjepitnya juga bisa diganti atau dilapisi bahan yang lebih lunak supaya permukaan benda kerja tidak rusak saat dikerjakan.



Artikel Terkait Seputar lainnya

14 Smartphone Ini Punya Daya Tahan Super Dibanding Handphone Lainnya

Seperti apa kisah smartphone 2014? Banyak kalangan memprediksi bahwa semakin tua usia tahun yang bertambah maka semakin canggih pula teknologi yang tercipta, termasuk pada ranah telepon genggam pintar atau dikenal smartphone. Mulai dari anti bentur, anti air, anti theft serta anti lainnya, hasilnya, konsumen agak sulit memilih mana yang terbaik. Nah, 14 smartphone ini punya daya tahan super dibanding handphone lainnya, pas bukan? Simak artikel ini untuk membantu Anda memilah jenis ponsel yang dipredikat pintar dan canggih di pasaran. Daya tahan super dibanding handphone lainnya, tentu interpretasi Anda sama dengan Kami, yakni memiliki kekuatan yang luar biasa seperti yang sebelumnya… Selengkapnya >>