PriceArea

Cari Harga Terbaik dan Bandingkan dari Ribuan Penjual Online di Indonesia


Produk Digital



loading pricearea

Bpjs

BPJS

BPJS Kesehatan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan) merupakan Badan Hukum Publik yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden dan memiliki tugas untuk menyelenggarakan jaminan Kesehatan Nasional bagi seluruh rakyat Indonesia, terutama untuk Pegawai Negeri Sipil, Penerima Pensiun PNS dan TNI/POLRI, Veteran, Perintis Kemerdekaan beserta keluarganya dan Badan Usaha lainnya ataupun rakyat biasa.

BPJS Kesehatan bersama BPJS Ketenagakerjaan (dahulu bernama Jamsostek) merupakan program pemerintah dalam kesatuan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diresmikan pada tanggal 31 Desember 2013. Untuk BPJS Kesehatan mulai beroperasi sejak tanggal 1 Januari 2014, sedangkan BPJS Ketenagakerjaan mulai beroperasi sejak 1 Juli 2014.

Kepesertaan Wajib

Setiap warga negara Indonesia dan warga asing yang sudah bekerja di Indonesia selama minimal enam bulan wajib menjadi anggota BPJS. Ini sesuai pasal 14 UU BPJS. Setiap perusahaan wajib mendaftarkan pekerjanya sebagai anggota BPJS. Sedangkan orang atau keluarga yang tidak bekerja pada perusahaan wajib mendaftarkan diri dan anggota keluarganya pada BPJS. Setiap peserta BPJS akan ditarik iuran yang besarnya ditentukan kemudian. Sedangkan bagi warga miskin, iuran BPJS ditanggung pemerintah melalui program Bantuan Iuran.

Menjadi peserta BPJS tidak hanya wajib bagi pekerja di sektor formal, namun juga pekerja informal. Pekerja informal juga wajib menjadi anggota BPJS Kesehatan. Para pekerja wajib mendaftarkan dirinya dan membayar iuran sesuai dengan tingkatan manfaat yang diinginkan. Jaminan kesehatan secara universal diharapkan bisa dimulai secara bertahap pada 2014 dan pada 2019, diharapkan seluruh warga Indonesia sudah memiliki jaminan kesehatan tersebut. Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi menyatakan BPJS Kesehatan akan diupayakan untuk menanggung segala jenis penyakit namun dengan melakukan upaya efisiensi.

Bayar BPJS Kesehatan Lebih Mudah Via Online

Bayar tagihan BPJS Kesehatan online di pricearea.com, kamu bisa menggunakan kartu kredit, internet banking atau metode pembayaran instan seperti Klik BCA, BCA Klik Play, Mandiri Clickpay, Mandiri e-cash, e-Pay BRI. Selain itu kamu juga bisa membayar di minimarket terdekat yakni di Indomaret, Alfamart, Alfamidi, Lawson hingga di Pos Indonesia.

Keuntungan Asuransi BPJS Kesehatan

Salah satu yang terpenting dalam hidup Anda adalah kesehatan karena Anda akan bisa melakukan semua aktivitas Anda dengan mudah dan lancar jika kesehatan Anda tidak terganggu. Oleh karena itu, Anda sangat memerlukan asuransi kesehatan yang sewaktu-waktu bisa Anda gunakan saat Anda jatuh sakit. Asuransi kesehatan merupakan kebutuhan wajib bagi setiap kalangan baik kalangan bawah dan atas. Tak heran kini banyak perusahaan swasta yang mulai bergerak dalam bidang jasa dan asuransi kesehatan.

Semakin berkembangnya keinginan masyarakat untuk jaminan kesehatan, maka pemerintahan Indonesia mengeluarkan asuransi kesehatan yang diwadahi oleh Badan Penyelenggara Jaminan Nasional atau BPJS yang relatif lebih murah jika dibandingkan dengan perusahaan asuransi swasta. BPJS sendiri bertujuan untuk memberikan jaminan kesehatan pada para penggunanya. Ketika Anda mengalami gangguan kesehatan, maka Anda tak perlu repot memikirkan mengenai biaya karena sepenuhnya sudah ditanggung oleh BPJS. BPJS sendiri adalah asuransi yang bersifat saling melengkapi atau komplementer sehingga Anda masih bisa menggunakan asuransi kesehatan lainnya.