Pricearea.com
b_sidebar_blibli_samsung_15nov19.jpg

baju sailor - Ralali.com, Jd.id

Kategori

Pengiriman NEW

Range Harga

Rp.  -  Rp.



Filter Pencarian


Baju Kaos Harian Anak Bayi Laki laki Little Owl Sailor Size…

Fashion : Pakaian : Baju Kaos Harian Anak Bayi Laki laki Little Owl Sailor Size M

Rp. 21.800

Baju Kaos Harian Anak Bayi Laki laki Little Owl Sailor Size…

Baju Kaos Harian Anak Bayi Laki laki Little Owl Sailor Size L

Rp. 22.800

Mendekor Tare|Gantungan Baju Dinding Hook Hiasan Vintage Cafe…

Perabot Rumah dan Taman : Perabot Rumah : Mendekor Tare|Gantungan Baju Dinding Hook Hiasan Vintage Cafe Unik Sailor Kunci-11 Cm 3 Cm 18 Cm

Rp. 49.000
b_leaderboard_tokopedia_gratis_ongkir_nov_5nov19.jpg

Baju Sailor

Dulu ada pertanyaan tentang seragam anak sekolah di Jepang yang mirip dengan seragam pelaut. Seragam sailor ternyata mempunyai nilai historis tersendiri. Seragam ini sudah ada sejak lama dan dipelopori oleh seorang kepala sekolah Fukuoka jo Gakuen yaitu Ibu Elizabeth Lee. Pada masa itu, anak-anak perempuan memakai kimono ke sekolah dan beliau mendapat ide untuk membuat model seragam seperti seragamnya ketika ia sekolah di Inggris yang seragamnya seperti pelaut, yaitu seragam sailor tersebut.

Pada 1918, Elizabeth Lee meminta seorang penjahit di Oota Toyokichi untuk menjahitkan pakaian atasan untuk siswi-siswinya. Kemudian karena masih sulitnya siswi bergerak dengan rok lurus panjang, maka dibuatlah rok pendek berlipit yang terinspirasi dari gorden. Dan biasanya retsletingnya terletak di samping rok.

Dalam berseragam sailor, ada beberapa kelengkapannya yaitu dengan memakai dasi seperti dasi pramuka atau scarf  atau bisa juga dengan dasi kupu-kupu dengan motif bebas tergantung sekolahnya.

Tahun 1921, pertama kali pemakaian seragam sailor di Jepang. Pada tahun yang sama, sekolah Kinjou gakuin di Aichi juga memutuskan menggunakan seragam sailor. Adapun anak laki-laki mereka berseragam seperti tentara Jepang dulu, lengkap dengan topinya yang disebut dengan `gakuran`. Pakaian sailor untuk siswi sebenarnya juga agak berkesan militer.


Jika siswinya menggunakan sailor maka siswanya menggunakan Gakuran. Kata gakuran berasal dari kata gaku yang berarti belajar/murid dan ran artinya negara barat. Gakuran mirip seperti pakaian militer pada jaman dulu. Ciri khas dari gakuran adalah kerahnya yang tegak dengan kancing berwarna emas.

Umumnya berwarna hitam secara keseluruhan pada atasan, celana, maupun ikat pinggang dan sepatunya bermodel seperti sneakers. Selain itu seringkali terdapat pin atau badge di bagian kerahnya. Oh ya, sebelum memakai gakuran, siswa memakai kemeja terlebih dahulu baru kemudian gakurannya dan lengan gakuran lebih pendek daripada lengan kemeja sehingga lengan kemeja dapat terlihat.


Seiring berkembangnya jaman, seragam di Jepang semakin beragam dan modern. Model lama seperti sailor dan gakuran pun dikembangkan sedemikian rupa menjadi lebih eye catching dan sesuai dengan trend jaman sekarang. Tapi ada juga sekolah yang tidak menggunakan seragam sailor dan gakuran lagi, tetapi berganti menjadi  lebih modern yaitu blazer. Siswa yang menggunakan blazer terlihat lebih modis dan keren.


Daftar untuk Dapatkan Promo Menarik